Sosialisasi BAZNAS Provinsi Kepri ke Bank BCA Cabang Tanjungpinang

Kunjungan Baznas Provinsi Kepulauan Riau di PT. Bank BCA Kantor Cabang Tanjungpinang dalam rangka sosialisasi dan penyuluhan tentang zakat, Jumat (25/08/17)

Disampaikan langsung oleh Ketua BAZNAS Provinsi Kepri, Drs. H. Mustamin Husain. Menegaskan bahwa BAZNAS mengemban tugas dari Allah Swt dan pemerintah dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.
“Jasmani dan rohani ibaratkan 2 sisi mata uang. Sakit secara jasmani dapat disembuhkan dengan jasa medis/dokter. Namun sakit secara rohani, zakat, infaq, dan sedekahlah yang menyembuhkan. Dirikanlah sholat dan tunaikanlah zakat. Sholat, ialah kewajiban kita kepada Allah Swt. Zakat, ialah kewajiban kita kepada sesama muslim.” Tutur Mustamin dihadapan pegawai PT. Bank BCA KC Tanjungpinang.

Kewajiban berzakat, Allah perintahkan bagi yg telah mencukupi syarat nisab dan haul. Inilah letaknya perbedaan zakat dan infaq. Zakat, ada hitung-hitungannya. Maka izinkan kami menghitung kewajiban Anda dan sampaikanlah melalui BAZNAS. inilah juga letak perbedaan zakat dan infaq. Zakat, ada BAZNAS sebagai amil, ia-nya perantara pemberi dan penerima zakat. Sehingga pemberi dan penerima hendaknya tidak bertemu. Sengaja Allah Swt yang mengatur, agar pemberi tidak timbul rasa ria saat memberi, dan penerima tidak rendah diri saat diberi. Melalui doa amil zakat ini pula, saat muzaki (pemberi zakat) menyerahkan zakatnya, serta merta Allah Swt akan turunkan rahmat dan sakinahnya. Di dalam Al Qur’an dijelaskan perintah Allah Swt kepada amil, bahwa :

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَاتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ
Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. [QS. At Taubah (9): 103].

“Hitung-hitungan zakat, hitunglah dengan hati. Jika dengan akal, selalunya zakat mengurangi. Padahal sejatinya janji Allah itu pasti. Setiap harta yang dikeluarkan di jalan Allah, Allah yang akan membalasnya 700 kali lipat.” Tambah Mustamin.

Antusias pegawai PT. Bank BCA KC Tanjungpinang semakin tampak pada saat tanya jawab. Kegiatan diakhiri dengan penyerahan cenderamata dari PT. Bank BCA KC Tanjungpinang kepada Ketua BAZNAS Provinsi Kepulauan Riau dan foto bersama.

#kebangkitanzakat
#ketikasemuabergerakbersama