Pembinaan Mustahik Ekonomi Produktif Bagian III

baznaskepri.or.id Kemiskinan merupakan salah satu masalah yang tak kunjung reda yang dihadapi oleh Negara Indonesia tidak termasuk di daerah Provinsi Kepulauan Riau. Setiap pergantian kepemimpinan program mengentaskan kemiskinan selalu menjadi sorotan dan prioritas utama untuk diselesaikan.

Kemiskinan itu sebenarnya dapat dibagi menjadi dua golongan, Pertama kemiskinan yang ditimbulkan oleh faktor alamiah yaitu kondisi lingkungan yang miskin, ilmu pengetahuan yang tidak memadai bencana alam dan lain sebagainya. Kedua, kemiskinan yang di sebabkan karena faktor nonalamiah, yaitu adanya kesalahan kebijakan ekonomi, korupsi, kondisi politik yang kurang stabil, kesalahan pengelolaan sumber daya alam dan lain sebagainya.

Sebagai tindak lanjut Badan Amil Zakat Nasional atau BAZNAS Provinsi Kepulauan Riau dalam pendampingan kepada mustahiq yang termasuk dalam daftar penerima penyaluran dana zakat untuk pemberian modal usaha mikro maka perlu adanyan pembinaan maupun pendidikan dalam pengelolaan harta, kewirausahaan dan pengembangan usahanya.

Melihat kemiskinan di daerah Provinsi Kepulauan Riau yang sedemikian besar, Badan Amil Zakat Nasional atau BAZNAS Provinsi Kepulauan Riau sudah berperan aktif dalam kegiatan pengentasan kemiskinan salah satu kegiatannya adalah Program KEPRI SEJAHTERA. Yakni penyaluran dana zakat untuk modal usaha mikro kepada masyarakat dhuafa di Kabupaten atau Kota se-Provinsi Kepulauan Riau.

Jumlah mustahiq penerima penyaluran dana zakat untuk modal usaha mikro Tahun lalu Sebanyak 189 orang, dan dari data tersebut BAZNAS Provinsi Kepri melakukan pembinaan bagi para mustahiq yang pernah mendapatkan penyaluran dana zakat untuk modal usaha khususnya dalam bidang Ekonomi Produktif.

Dalam pembinaan yang dilakukan oleh Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Drs. Mastur Taher, M.Pd salah satunya bertujuan untuk meninjau perkembangan kewirausaan para mustahiq sebelum dan sesudah mendapatkan penyaluran dana zakat.

Banyak hal yang disampaikan oleh Mastur Taher dalam pendampinan dan pembinaan bagi para mustahiq, salah satu dari hal yang kecil yang bisa mendapatkan sesuatu yang besar yaitu dengan membiasakan diri untuk bershadaqah, karena dengan bershadaqah dapat mengundang dan membuka pintu rezeki dari yang lain, tungkasnya. (lf/humas)